Kamis, 23 Juni 2011

Acara Perpisahan dan Pengukuhan Kelas XII


            Setelah pengumuman kelulusan anak kelas XII di SMA PGRI 1 Banjarbaru, maka diadakan acara perpisahan dan pengukuhan untuk semua anak kelas XII. Sebelum acara dimulai maka semua anggota OSIS termasuk saya, bekerja sama untuk menyiapkan persiapan yang harus disiapkan untuk acara perpisahan dan pengukuhan tersebut.

Pada acara perpisahan dan pengukuhan ada banyak hiburan yang akan ditampilkan seperti : band, tari-tarian, musik panting, vocal, dan yang lainnya. Acara perpisahan dilaksanakan pada hari... dan dihadiri oleh semua siswa dari kelas X sampai XII dan juga dihadiri oleh orang tua murid dari kelas XII.

            Acara yang pertama yaitu acara pembukaan dan dilanjutkan dengan acara yang kedua yaitu acara sambutan-sambutan dari kepala SMA PGRI 1 Banjarbaru. Setelah acara sambutan selesai dilanjutkan dengan acara pengukuhan.

            Pada acara pengukuhan ini diiringi dengan nyanyian lagu-lagu wajib yang dinyanyikan oleh anak-anak pilihan dari anak kelas X dan XI. Diacara ini semua undangan yang hadir dan juga murid-murid kelas X dan XI disuruh berdiri.

            Anak kelas XII yang melaksanakan pengukuhan berbaris dan berjalan menuju mimbar yang telah disediakan untuk Bapak Kepala SMA PGRI 1. Siswa tadi berjalan menuju kesitu dan dikalungi piagam secara satu persatu oleh  Bapak Kepala SMA PGRI 1 Banjarbaru atau Bapak H. Saladeri S.H.

            Setelah acara pengukuhan selesai maka acara dilanjutkan dengan hiburan-hiburan. Hiburan pertama yang ditampilkan adalah musik panting, musik panting ini membawakan tiga buah lagu banjar. Hiburan yang kedua yaitu tari baksa kembang .

            Lalu hiburan yang ketiga atau hiburan yang paling ditunggu-tunggu yaitu tari kuda gepang dan Hanoman. Pada saat penari kuda gepang sudah selesai maka Hanoman pun masuk. Pada saat Hanoman masuk dan melakukan apa yang harus ia lakukan ada sebagian penonton yang takut dan ada juga penonton yang tehibur dengan hiburan ini.

            Hiburan yang terakhir yaitu band, pada acara ini masing-masing kelas termasuk kelas XII menampilkan bandnya masing-masing dengan berbagai macam lagu yang dibawakan.
           
Pada acara semua hiburan ini tentu saja Bapak Kepala SMA PGRI 1 Banjarbaru sangat bangga karena dapt melihat anak-anak muridnya dapat menampilkan kesenian-kesenian daerah banjar yang kemungkinan sudah mulai terhapus dari masyarakat akibat zaman modern sekarang.

Acara yang terkahir yaitu acara penutupan dengan pembacaan doa, setelah pembacaan doa selesai maka acara sudah selesai dilaksanakan. Semua undangan dan semua siswa kecuali anggota osis sudah boleh pulang. Anggota osis tidak boleh pulang karena mereka harus bekerja sama lagi untuk merubuhkan panggung dan membersihkan semua bahan-bahan.   
THE END


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar